Tips Menebalkan Rambut Bayi Anda Print E-mail
Kenapa sih rambut bayi cenderung tipis dan tidak lebat saat ia lahir? Hal ini disebabkan karena rambut yang tumbuh dari folikel saat janin masih di rahim ibu belum sepenuhnya luruh atau rontok. Karena itu pada sebagian masyarakat kita ada kebiasaan untuk menggunduli rambut bayinya saat bayi berusia di atas 40 hari. Tradisi ini bertujuan agar rambut bawaan dari rahim itu rontok dan digantikan dengan rambut baru yang lebih lebat dan hitam (tergantung dari warna rambut kedua orangtuanya).

Hati hati saat mencukur rambut bayi, karena kondisi kulit kepala bayi masih sangat lembut (lunak). Jika anda tidak berani melakukannya serahkan pada orang yang sudah berpengalaman.
Ibu ibu yang menyusui anakknya dianjurkan untuk mengkonsumsi sari kacang hijau atau susu kedelai. Caranya, anda tinggal mengambil air rebusan kacang hijau dan diminum. Rasanya memang agak pahit dan dapat dicampur madu atau gula untuk menghilangkan pahitnya. Atau bisa berikan sari kacang hijau tersebut dalam botol susu yang telah dicampur gula sedikit dan langsung diberikan pada bayi.

Ramuan tradisional berupa minyak cem ceman, lidah buaya dan kemiri dibakar juga dapat membantu menebalkan rambut bayi. Hati hati saat mengoleskannya di kepala, jangan sampai mengenai mata. Lakukan lah saat bayi masih tidur dan bilas dengan handuk / lap bersih dengan air hangat.

Sekarang disupermarket besar juga banyak menawarkan hair lotion untuk bayi dan anak anak dengan berbagai merek untuk membantu menghaluskan dan menebalkan rambut bayi anda.

Jadikanlah acara "membumbui" rambut ini menjadi sebuah kebiasaan sampai bayi anda remaja. Alhasil rambut bayi anda akan tumbuh sehat dan tebal.
 




Foto Minggu Ini
aizhura in action
ok nggak gaya rara?
aizhura in action

album : Aizhura